Pengobatan Adhd Pada Anak Dengan Cara Yang Tepat

Deteksi Dini ADHD Itu Sangat Penting Agar Pengobatan ADHD Pada Anak Bisa Cepat Diberikan

PENGOBATAN ADHD PADA ANAK DENGAN CARA YANG TEPAT

Attention Deficit Hiperactive Disorder atau yang lebih dikenal dengan ADHD merupakan gangguan neurobiologi dan bukanlah suatu penaykit. Istilah ADHD ini diberikan pada anak- anak, remaja dan juga dewasa yang kurang mampu memperhatikan, over aktif, mudah dikacaukan dan impulsif. Anak dengan ADHD biasanya menampakkan ciri- ciri seperti yang sudah disebutkan tersebut. Akibatnya mereka tidak memiliki keseimbangan dalam sebagian besar aktifitasnya. Gangguan ADHD ini bisa menahun, bisa dimulai dari anak usia bayi hingga dewasa. Gangguan tersebut tentunya membawa pengaruh negatif terhadap kehidupan anak, baik dirumah, di sekolah dan juga dalam bergaul dengan teman- temannya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ADHD ini adalah rangkaian dari kurangnya perhatian, hiperaktif dan impulsif.

ADHD ini adalah gangguan yang bisa dideteksi sebelum anak usia 7 tahun. Namun, dalam hal ini masih banyak orang yang tidak menyadari atau bahkan belum mendiagnosis adanya ADHD pada anak bahkan ketika usianya semakin bertambah. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap pengobatan ADHD pada anak yang juga terhambat dan tidak dengan cepat ditangani. Aktifitas anak ADHD dapat menghambat aktifitas dan perkembangannya di sekolah. Hal ini dikarenakan mereka dapat melakukan aktifitas yang mengganggu misalnya tidak dapat duduk dengan tenang, berlari- lari hingga mengganggu teman yang lain, dll. Hal inilah kemudian mengapa deteksi dini ADHD itu sangat penting agar pengobatan ADHD pada anak bisa cepat diberikan.

Faktor Penyebab ADHD

PENGOBATAN ADHD PADA ANAK DENGAN CARA YANG TEPAT

Walaupun sampai saat ini penelitian mengenai faktor ADHD masih terus dilaksanakan, namun ada beberapa faktor yang jelas penyebab ADHD ini. Berikut ulasannya.

  1. Faktor Genetik / Keturunan

Anak- anak dengan orang tua yang juga mengalami gangguan ADHD memiliki 8 kali kemungkinan resiko mengalami gangguan ADHD juga. Anak- anak yang memiliki gangguan ADHD dalam kehidupan masyarakat, 80 % adalah faktir orang tua.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang dimaksud disini adalah secara luas baik lingkungan psikologis, lingkungan fisik dan juga lingkungan biologis. Lingkungan psikologis meliputi hubungan dengan orang lain, bagaimana penanganan atau pengobatan ADHD pada anak tersebut. Lingkungan fisik seperti makanan dan juga obat- obatan, sementara lingkungan biologis meliputi cedera otak, komplikasi saat melahirkan, dll.

  1. Faktor Fungsi Otak

Pada anak ADHD perkembangan sistem penghambat sel- sel saraf (inhibisi) lebih lambat dan juga kapasitasnya kecil. Perkembangan otak anak kecil lebih kepada pengaktifan sel- sel saraf (Aksitasi) dari pada inhibisi. Hal inilah yang menyebabkan anak kecil sulit menahan diri. Namun, sistem inhibisi ini akan mulai berkembang saat anak usia 2 tahun dan pada usia 4 tahun perkembangan tersebut akan semakin kuat. Hal inilah yang menjadi permasalahan pada anak ADHD karena perkembangannya lebih lambat sehingga mereka susah untuk menahan diri, hiperaktif, dll.

Pada dasarnya ADHD ini tidak disebabkan oleh satu faktor saja, namun faktor- faktor tersebut saling berkaitan atau bisa disebut dengan multi faktor. Bahkan, beberapa ilmuwan meyakini bahwa ADHD ini bukan disebabkan oleh faktor makanan atau kerusakan otak, namun intinya multi faktor.

Karakteristik ADHD

PENGOBATAN ADHD PADA ANAK DENGAN CARA YANG TEPAT

Setelah mengetahui faktor, karakteristik ADHD juga perlu diketahui dengan baik guna pengobatan ADHD pada anak yang akan dilakukan selanjutnya. Beberapa kriterianya adalah sebagai berikut.

  1. Kurang Perhatian

Gejala semacam ini paling tidak terjadi selama 6 bulan. Hal- hal yang biasanya terjadi misalnya, seringkali gagal dalam memperhatikan sesuatu atau detail dengan baik, seringkali membuat kesalahan dalam pekerjaannya baik dirumah maupun di sekolah, sulit memusatkan perhatian pada sesuatu, tidak mendengarkan ketika diajak berbicara, tidak mengikuti instruksi dan sering gagal dalam mengerjakan pekerjaan sekolah, seringkali bingung dan terganggu dengan rangsangan dari luar, mudah lupa, dll.

  1. Hiperaktivitas Impulsifitas

Untuk gejala hiperaktifitas dapat dicontohkan seperti berikut, sering gelisah baik tangan maupun kaki sehingga ia sering menggeliat dikursi, tidak dapat duduk dengan tenang di dalam kelas atau dalam suatu kegiatan, sering bersikap berlebihan seperti berlarian, naik- naik, berbicara berlebihan, mengalami kesulitan bermain,dll. Untuk impulsifitas dapat dicontohkan seperti sering memberi jawaban sebelum pertanyaan selesai, kesulita dan tidak tahan dalam mengantri giliran, sering mengganggu orang lain baik dalam hal memotong pembicaraan maupun dalam permainan.

Terapi Anak ADHD

Berikut adalah beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala anak ADHD. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka anak akan lebih bisa dikontrol. Untuk itu, terapi yang merupakan pengobatan ADHD pada anak ini harus benar- benar diperhatikan dengan baik dan benar.

  1. Terapi Nutrisi Dan Diet

Hal- hal yang dapat dilakukan pada jenis terapi nutrisi dan diet yaitu dengan memperhatikan keseimbangan diet karbohidrat, penanganan gangguan pencernaan, alergi makanan, dll.

  1. Terapi Okupasi

Terapi okupasi adalah terapi untuk memperbaiki gangguan perkembangan dan juga perilaku pada anak tersebut. Terapi okupasi ini menggunakan teknik pendekatan pada anak misalnya menggunakan permainan, perawatan diri, dll. Terapi ini juga bisa dilanjutkan oleh orang tua dirumah, jadi tidak hanya di tempat terapi yang dilakukan oleh para terapis saja.

  1. Terapi Modifikasi Perilaku

Terapi jenis ini lebih memusatkan pada perubahan anak secara spesifik. Hal ini dapat dilakukan dengan interaksi sosial dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan seperti sgresif, emosi labil, dll. Terapi ini merupakan pengobatan ADHD pada anak yang dapat dikatakan efektif karena dilakukan dengan pendekatan positif.

  1. Terapi Bermain

Selain 3 hal yang sudah disebutkan di atas, pengobatan ADHD pada anak juga dapat dilakukan dengan terapi bermain. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan, minat, belajar kooperatif dan kompetitif dalam kelompok.

  1. Terapi Medikasi

Terapi ini adalah yang menggunakan obat- obatan. Terapi ini dapat dijadikan pendorong atau penunjang dari jenis terapi lain yang dilakukan sehingga anak- anak yang hiperaktif bisa terkendali. Dalam terapi medikasi ini hendaknya anda memilih obat yang sifatnya herbal atau yang alami dari alam, tidak banyak mengandung bahan kimia.

Obat Herbal TNM Herbal Ramah Untuk Anak ADHD

Pengobatan ADHD pada anak bisa menggunakan produk TNM yang merupakan obat alami herbal. TNM ini terbuat sari mengkudu yang diekstrak dengan menggunakan teknologi canggih, modern dan higienis. TNM ini mengandung banyak nutrisi dan juga bioaktif yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini dapat membantu memperbaiki metabolisme anak. Beberapa kandungan mineral baik dalam TNM diantaranya asam amino, yaitu phenilalanin dan tryptophan yang baik untuk anak yang hiperaktif. Kandungan lainnya yaitu enzim sekretin, kandungan methione dan terpene dan tridoid. Untuk mendapatkan produk ini anda bisa membelinya di website http://vitaminanak.net/autis/.. Keberhasilannya dari produk ini tentu ditentukan oleh faktor lainnya seperti dosis yang tepat, gejala yang terjadi, pola hidup, dll. Untuk itu, hal ini perlu didiskusikan dengan baik kepada pihak yang ahli agar keberhasilannya bisa maksimal. Maka dari itu, membeli produk ini di tempat terpercaya sangat dianjurkan agar anda bisa berdiskusi. Untuk info harga dan cara pesan TNM silahkan masuk ke website http://vitaminanak.net/autis/.

4

Apa Itu TNM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNM Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

3

Hey, Apakah Anak atau Kenalan Anda Menderita Autis?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Masalah Autis Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Autis Sekarang, Gratis!

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

enter website vitamin anak autis

Mohon Diisi Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Semua Anak Autis Di Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Autis Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!